7 Nutrisi Kesehatan Mulut dan Gigi

http://blogtentangkesehatankeluarga.blogspot.com/2012/12/7-nutrisi-kesehatan-mulut-dan-gigi.html
Mulut dan gigi adalah bagian dari tubuh kita yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Memang, dengan membersihkan secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi kita. Tetapi akan lebih baik lagi jika kita juga memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan bagian dari rongga mulut kita. Lalu apa saja yang termasuk penyumbang nutrisi bagi mereka? Ok, kita liat daftar 7 nutrisi bagi mulut dan gigi tersebut:

  1. Buah-buahan. Buah-buahan seperti apel, pir adalah buah yang banyak mengandung selulosa, yang bila kita mengkonsumsinya maka selulosa akan secara alami membersihkan gigi. 
  2. Sayuran. Begitu juga dengan sayuran, seperti wortel, brokoli atau kol. Anda suka? Kalo anda suka, anda termasuk orang yang beruntung karena suka sayuran tersebut, karena sama dengan buah-buahan, sayuranpun mengandung selulosa yang akan secara alami memperbaiki gigi dan menjaga kesehetannya. Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah, akan membuat sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan terlepas, dan sekaligus juga menghilangkan bakteri yang menempel di gigi. 
  3. Kacang-kacangan. Kadar gula yang rendah, serta kandungan magnesium serta kalsium yang tinggi mampu menambah kekuatan dan kesehatan gigi. 
  4. Keju 
  5. Makanan ber-vitamin C. Hal positif karena adanya vitamin C adalah memberikan perawatan pada kulit. Contoh makanannya adalah buah kiwi dan ub-ubian baik untuk kesehatan mulut kita. Hal tersebut karena produksi kolagen dari Vitamin C tersebut dapat menjaga gusi tetap sehat dan kuat. 
  6. Permen karet. Aneh memang! Permen kok bisa menjaga kesehatan mulut. Bisa juragan! Dengan mengunyah permen karet setelah makan, akan merangsang mulut anda untuk memproduksi air liur. Air liur membantu membersihkan mulut. Bahkan dalam beberapa penelitian, kandungan xylitol dalam permen karet meningkatkan kadar pH dalam mulut. Hal ini menjaga bisa mengurangi zat asam yang bisa merusak gigi. 
  7. Yang terakhir dan paling murah, adalah Air Putih. Kekuatan besar yang terkandung dalam air putih dalam menjaga kesehatan mulut anda. Dengan berkumur dengan air putih setelah makan, itu berarti sekaligus membersihkan rongga mulut dan gigi dari sisa makanan. Terlebih jika kita habis makan coklat, permen dan minum susu. Dan juga air putih bisa membantu tubuh kita untuk memproduksi air liur. 
Demikian 7 nutrisi yang mungkin sering tidak kita sadari bisa membantu kesehatan rongga mulut dan gigi kita. Mungkin kita pernah melakukannya, tetapi akan lebih baik jika anda melakukan hal tersebut secara teratur. Lebih baik menjaga daripada mengobati. 
Salam info terbaru keluarga.

image source : www.coretansiamang.blogspot.com
untuk tahu lebih jauh tentang xylitol disini
Facebook Comments

0 comments